PEMILIHAN BEDAK

PILIH YANG MANA YA ?? BEDAK TABUR ATAU BEDAK PADAT

bedak

Dalam berpenampilan, wanita tidak lepas dari produk kosmetik yang akan membantu wanita tampil cantik. Salah satu produk kosmetik yang dipakai wanita adalah bedak. Dalam memilih dan menentukannya harus tepat dan merupakan hal yang sangatlah penting. Produk ini merupakan salah satu  make up wajib harian selain lipstik atau eyeliner. Fungsinya untuk memberikan hasil akhir kulit yang lembut, halus, tidak kasar, menutupi kekurangan kulit, serta membuat kulit tampak cerah. Secara umum di pasaran terdapat dua jenis, yaitu bedak tabur atau loose powder, dan bedak padat atau compact powder dimana masing-masing memiliki tekstur dan ciri khas yang sangat berbeda.

Ok, kali ini kita akan membahas perbedaannya satu per satu. Ladies, let’s check it out !!

  1. Compact Powder, mempunyai wujud padat karena proses pemadatan dengan tekanan dan memiliki tekstur yang agak berat. Produk ini dapat digunakan dengan cara mengusapkan spons atau kuas. Biasanya bedak padat ini sudah ditambahkan foundation sehingga lebih mudah menempel pada kulit dan sifatnya lebih kuat.
  2. Loose Powder, dibuat dengan komposisi yang sama dengan compact powder namun tidak dipadatkan. Loose powder pada umumnya memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan compact powder. Loose powder ini digunakan dengan menaburkannya di atas spons ataupun menyapukan ujung.

Penggunaan loose powder ataupun compact powder harus disesuaikan dengan jenis kulit. Dijelaskan oleh dr. Erliswita Reza, dokter kecantikan, saat ini telah dibuat beberapa tipe untuk masing-masing jenis kulit yang berbeda, yaitu jenis kulit kering, berminyak, kombinasi dan sensitif. Apa dan bagaimana? Berikut penjelasannya ladies :

  1. Kulit Kering. Untuk kulit wajah yang cenderung kering sebaiknya menggunakan compact powder. Pasalnya, bedak padat memiliki formula untuk menjaga kelembaban kulit, yang disebut moisturizer atau pelembab. Teksturnya yang mudah menempel sangat cocok digunakan dalam jangka waktu lama dan hasilnya lebih merata pada kulit wajah.
  2. Kulit Berminyak. Untuk kulit wajah yang cenderung berminyak sebaiknya menggunakan loose powder, karena tekstur dari produk ini sangat ringan sehingga dapat melekat sempurna pada kulit wajah, serta mengurangi produksi minyak pada wajah sehingga terlihat mengkilap. Loose powder juga cocok digunakan oleh mereka yang berusia di atas 40 tahun karena bedak tabur ini dapat melekat sempurna pada kulit wajah yang telah berkerut atau keriput.
  3. Kulit Berjerawat. Untuk kulit wajah yang berjerawat sebaiknya menggunakan loose powder karena tekstur dari produk ini lebih ringan, tidak lengket dan tidak tebal sehingga mudah dihapus kembali. Selain itu, untuk kulit wajah yang berjerawat sebaiknya memiliki bedak yang tidak mengandung zat comedogenic seperti lanolin dan pewangi. Sebaliknya pilih bedak yang tercantum non-comedogenic.
  4. Kulit Normal. Untuk jenis kulit wajah yang normal bisa menggunakan kedua jenis bedak, loose powder maupun compact powder. Tetapi, mereka akan lebih bagus jika menggunakan compact powder karena ketahanannya lebih lama dibandingkan dengan loose powder.

Selain memilih bedak sesuai dengan jenis kulit, sebelum membeli produk kosmetik yang satu ini ada hal-hal lain yang harus diperhatikan. Apa saja? Berikut penjelasannya:

  1. Memperhatikan kandungan/komposisi, misalnya apakah mengandung zat comedogenic ataupun non-comedogenic. Kandungan utama adalah talc, kanji, karbonat anorganik, zinc stearat, kaolin, serta untuk kulit yang berjerawat mengandung asam salisilat.
  2. Perhatikan tanggal kadaluarsanya. Masa kadaluarsa adalah 1-2 tahun, sehingga jika tidak tertera masa kadaluarsanya berarti kualitas kurang baik.

Ok, segini dulu informasinya Ladies. Hati-hati dalam memilih dan menentukan ya…

 

Leave a Comment