MEMILIH TABIR SURYA UNTUK ANAK

Tabir Surya Untuk Anak

tabir surya anakSaat Anda akan mengajak anak berlibur ke pantai atau ke kolam renang (water park), bekali anak anda dengan krim tabir surya (sunblock). Idealnya, anak menghabiskan 50%-80% waktu bermainnya di luar rumah atau di bawah sinar matahari. Saat inilah kulit anak perlu dilindungi dari paparan sinar matahari sehingga berisiko terkena kanker kulit karena sebagian dari sinar matahari mengandung ultraviolet (UV). Jika mengenai kulit, sinar UV bisa menyebabkan luka bakar, tanning (kulit kegelapan) dan kerusakan kulit lainnya.

Sunblock perlu digunakan sedini mungkin untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Nah, efek buruk sinar matahari dimulai dari ‘sunburn’, gangguan pigmentasi, penuaan dini sampai kanker kulit (dalam jangka panjang!). Penelitian membuktikan, bila tindakan ‘sunprotection’, di antaranya dengan menggunakan tabir surya, sudah diterapkan sejak usia anak di bawah 10 tahun, ternyata hal ini bisa menurunkan angka kejadian kanker kulit dengan signifikan di kemudian hari.

Sunblock seperti apa yang cocok untuk anak? Sunblock untuk bayi dan anak berbeda dengan untuk dewasa. Bahan UV filters yang digunakan adalah ‘physical sunscreen’, yaitu zinc oxide (ZnO) dan titanium dioxide (TiO2), serta tidak menggunakan ‘chemical sunscreen’, seperti octyl methoxy cinnamate, dll. Lalu, bagaimana cara memilih sunblock yang sesuai untuk anak? Pilihlah yang berlabel ‘for babies and kids’ (jadi, bahan yang digunakan sudah sesuai untuk anak, nilai SPF (Sun Protection Factor) dan PA (protection grade of UVA) yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan (dianjurkan memilih dengan minimal SPF 30 dan PA +++), serta sunscreen yang waterproof/water resistant.

Jangan lupa, pakaikan dengan tepat, yakni sebaiknya dioleskan di seluruh bagian kulit yang tidak tertutup pakaian minimal 30 menit sebelum aktivitas. Sebaiknya, dioles kembali setiap 2 jam, bila memang berada di luar dalam jangka lama. Juga perlu dioleskan dalam jumlah yang cukup agar bisa mendapat proteksi yang tertera pada label produk. Cara mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan ‘teaspoon rule’, yakni oleskan lebih dari ½ sendok teh (3 mL) tabir surya pada setiap tangan dan wajah/leher serta 1 sendok teh (6 mL) pada dada/perut, punggung, dan setiap kaki.

Berhati-hatilah. Jangan sampai kulit si kecil terbakar? Gejalanya adalah kemerahan, perih, dan kulit mengelupas. Pada keadaan seperti ini, kulit harus didinginkan dan diberikan krim yang bersifat shoothing. Misalnya, after sun care cream/lotion, atau krim anti iritasi. Pada keadaan sunburn yang luas atau berat (tidak membaik dalam 2 – 3 hari), sebaiknya bawa anak berkonsultasi ke dokter. Dokter akan mengevaluasi tingkat berat ringannya sunburn yang dialami. Biasanya, pengobatan yang diberikan adalah krim anti radang, dll. Dan, untuk menjaga kulit anak di atas usia 1 tahun tetap sehat dan aman walau berada di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya dan sunprotection lainnya (topi, pakaian, dan sunglasses). Selain itu, cuaca mendung tidak berarti paparan sinar matahari juga berkurang. Itu sebabnya tabir surya masih harus dipakai. Pengolesan ulang tabir surya penting dilakukan agar anak tetap mendapat proteksi yang cukup selama berada di luar.

Saat Anda akan mengajak anak berlibur ke pantai, bekali diri Anda dengan krim tabir surya. Idealnya, anak menghabiskan 50%-80% waktu bermainnya di luar rumah atau di bawah sinar matahari.

Saat inilah kulit anak perlu dilindungi dari risiko terkena kanker kulit karena sebagian dari sinar matahari mengandung ultraviolet (UV). Jika mengenai kulit, sinar UV bisa menyebabkan luka bakar, tanning (kulit kegelapan) dan kerusakan kulit lainnya.

Anak bisa terlindungi dari paparan sinar matahari dengan cara menghindari matahari yang terlalu terik (pukul 10.00 – 16.00), berlindung di bawah sesuatu, memakai tabir surya, mengenakan pakaian yang tidak tembus sinar matahari serta gunakan pelindung seperti topi, payung atau kacamata hitam.

Saat menggunakan tabir surya untuk anak, pilihlah dengan cermat.
• Untuk anak usia di atas 6 bulan, pilih tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, pilih yang bisa melindungi dari UVA dan UVB (broad spectrum sunscreen).

• Untuk anak menghindari reaksi alergi, pilih tabir surya yang tidak mengandung PABA.

• Bila kulit anak sensitif, pilih yang kandungan aktifnya titanium dioxide (tabir surya yang bebas kimiawi)

Cara menggunakan tabir surya pada anak : gunakan sebelum anak bermain di bawah sinar matahari (15-30 menit sebelum terkena matahari). Jangan lupa oleskan atau semprotkan tabir surya ke bagian bibir, tangan, telinga, kaki, leher, dan bahu. Tambah tabir surya secara berkala, misalnya setiap 2 jam sekali.

Oleskan atau semprotkan lagi bila anak berkeringat atau habis berenang. Saat berenang, gunakan tabir surya yang waterproof sehingga mampu bertahan selama 80 menit. Krim tabir surya tidak disarankan untuk digunakan pada bayi di bawah usia 6 bulan.

Leave a Comment