KULIT REMAJA, MASALAH DAN CARA MENGATASINYA

MASALAH YANG SERING TERJADI PADA KULIT REMAJA DAN TIPS MENGATASINYA

kulit remajaMerawat kulit haruslah dilakukan sejak masih muda, terutama saat menginjak masa remaja. Pada masa ini, kulit sedang mengalami reaksi dan penyesuaian karena adanya lonjakan hormon dalam tubuh. Karenanya tidak jarang remaja mengalami sejumlah gangguan kulit, seperti jerawat, keringat berlebih, wajah berminyak, bahkan hingga munculnya penyakit kulit misalnya kutil. Pada dasarnya, karena faktor hormonal, semua kondisi kulit remaja tersebut normal. Meski demikian, haruslah dilakukan penanganan yang tepat, aman, efektif, dan efisien.

Pada artikel kali ini akan coba membahas mengenai perawatan wajah dan kulit yang cocok untuk kulit remaja berdasarkan berbagai masalah kulitnya. So girls let’s check these out!

Tips Menghilangkan Jerawat Terutama Untuk Kulit Remaja
Jerawat adalah masalah yang paling sering muncul pada saat seseorang memasuki usia remaja. Hal ini antara lain adalah karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan hormon yang sedang meningkat. Akibatnya, kulit pun ikut bereaksi dengan hal tersebut, yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Jerawat pada kulit remaja ini biasanya muncul ditandai dengan tonjolan pada sejumlah area kulit, yang disertai dengan infeksi, pori-pori melebar, dan berisi lemak padat (komedo). Jerawat pada remaja biasanya muncul di daerah seperti dahi, hidung, serta pipi.

Jerawat yang terjadi pada remaja, meskipun normal, haruslah mendapatkan penanganan yang tepat. Karena, yang ditakutkan dari jerawat adalah bekas luka jerawat yang sulit dihilangkan. Nah, agar jerawat cepat sembuh dan tidak meninggalkan bekas luka, ikuti langkah-langkah berikut ini cara Penghilang Bekas Jerawat beserta jerawatnya:

1. Gunakan jeruk nipis untuk mempercepat sembuhnya jerawat
Jeruk nipis diperas untuk diambil sarinya. Campurkan dengan madu murni, lalu gunakan kapas yang direndam di campuran tersebut untuk diusapkan di kulit yang berjerawat. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari secara rutin setiap hari hingga jerawat sembuh. Cara ini juga bisa dilakukan setelah jerawat sembuh agar bekas luka jerawat bisa hilang sampai tuntas dan jangan sekali mencoba Cream Jerawat yang tidak aman carilah Cream Jerawat yang aman dan alami.

2. Cara Mengatasi Kulit Berminyak Pada Kulit Remaja
Masalah kulit lainnya yang sering terjadi pada remaja adalah kulit berminyak. Akibat kondisi hormonal yang tidak stabil, kelenjar yang memproduksi minyak di bawah kulit ikut bereaksi tidak stabil. Kelebihan minyak di wajah pun terjadi dan biasanya sangat mengganggu.

Pada dasarnya, minyak di wajah memiliki manfaat, antara lain untuk mencegah kulit mengalami kekeringan. Namun, minyak berlebih juga dapat menyebabkan sejumlah masalah, misalnya kotoran yang mudah melengket, pori-pori kulit membesar, komedo, dan tentunya jerawat. Untuk itu perlu dilakukan penanganan agar masalah minyak di wajah bisa teratasi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan cara alami yaitu dengan membuatmasker dari putih telur. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan tissue tebal yang dibasahi dengan putih telur, lalu digunakan sebagai masker untuk menutupi wajah. Pastikan masker menutupi dan menempel di seluruh bagian wajah, diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan air.

Putih telur yang digunakan seperti cara di atas sangat efektif menyerap minyak, sekaligus mengangkat komedo sehingga wajah pun jadi bersih.

3. Mengatasi Keringat Berlebih Pada Usia Remaja
Remaja juga rentan mengalami masalah kulit lainnya, yaitu: keringat berlebih. Aktivitas yang cukup padat, perubahan hormon, stres, perubahan pola makan, bisa menimbulkan masalah keringat berlebih pada remaja. Keringat ini biasanya muncul secara berlebihan pada area punggung, dada, lipatan kulit, telapak tangan dan kaki, ketiak, serta lipatan paha. Keringat berlebih ini, bila tidak diikuti dengan menjaga kebersihan tubuh, bisa menimbulkan masalah lain, yaitu bau badan, gatal-gatal, dan sebagainya.

Karena keringat berfungsi untuk mendinginkan tubuh, sebenarnya tidak perlu ditangani secara khusus. Cukup pastikan bahwa kulit dan tubuh cukup bersih, terhindar dari kotoran dan kuman. Jika perlu, gunakan deodoran atau wewangian yang mengandung anti septik agar kuman tidak mudah berkembang biak di kulit.

4. Daun Sirih untuk Kulit dan Mengatasi Masalah Bau Badan
Untuk menghindari kuman hidup dan berkembang biak di kulit, Kamu bisa menggunakan daun sirih sebagai bahan alami untuk mengusir kuman dari kulit, sekaligus menjaga tubuh dari bau badan. Daun sirih adalah anti septik alami yang mampu membunuh kuman dan bakteri, serta mencegahnya hidup dan berkembang biak di kulit. Dengan kulit yang bebas kuman, maka tubuh pun terhindar dari bau badan tak sedap, serta gangguan gatal-gatal seperti panu dan kutu air.

Caranya cukup mudah, cukup dengan merebus 3 – 5 helai daun sirih, dan airnya dicampurkan pada air bilasan saat mandi. Mandi seperti biasa, lalu gunakan air campuran tadi untuk membilas tubuh.

Leave a Comment